Rabu, 17 September 2008

Aku dan Keluargaku


Foto Keluargaku, 2005

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Riwayat Hidupku

Aku dilahirkan ke muka bumi ini tanggal 17 April 1969 pukul 21.00 WIB di Desa Pagerluyung, Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto Kode Pos 61351 dari seorang ibu bernama Sumilah Indrawati dan seorang ayah bernama Suwari Heri Ediyanto. Ayahku saat ini pensiunan Kepala SDN dan ibu mengurus rumah tangga, dari 5 bersaudara, yakni:
1. Tutik Rahayu lahir tahun 1960
2. Endang Istyowati lahir tahun 1963
3. Didik Budi Prasetyo, S.P lahir tahun 1965
4. Heri Suwono, S.Pd lahir tahun 1967
5. Hari Budiyanto, S.Pd lahir tahun 1969

Riwayat Pendidikan

Aku duduk di bangku SD Negeri Pagerluyung 1 masuk tahun 1976 dan lulus tahun 1982. Kelas 3 SD aku juara 4, kelas 4 juara 2, Kelas 5 juara 2 dan kelas 6 juara 1 dari sekitar 30 orang siswa.
Lulus SD aku melanjutkan pendidikan di SMP Negeri Gedeg (sekarang SMP Negeri 1 Gedeg), Mojokerto dan lulus tahun 1985. Di bangku SMP prestasiku biasa saja dan tidak ada yang istimewa dengan Danem 43 lebih dan untuk pertama kalinya kelulusan dengan menggunakan Danem (Daftar nilai Ebtanas Murni) dari 6 mata pelajaran yang diujikan. Lulus SMP aku mendaftarkan diri ke SMA Negeri Gedeg (sekarang SMA Negeri 1 Gedeg). Semasa aku di SMA aku memiliki prestasi yang lumayan. Kelas 1 Semester 1 ranking 8, semester 2 ranking 3 dan kenaikan kelas 2 aku pilih jurusan A3 (ilmu-ilmu sosial), meskipun sebenarnya aku bisa masuk jurusan A2 (Biologi) atau A1 (Fisika), karena aku suka dengan Ilmu-ilmu Sosial. Kelas 2 A3 semester 1 dan 2 selalu ranking 1, kelas 3 semester 1 dan 2 juga ranking 1 hingga lulus SMA aku mendapatkan nilai Danem yang sangat memuaskan dengan jumlah 53 lebih dan bertahan hingga aku menjadi GTT di SMA Negeri Gedeg (1997).

Lulus SMA aku mengikuti Sipenmaru (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) pilihan 1  jurusan Geografi program D3, dan pilihan 2 jurusan sejarah program D3. Program D3 kupilih karena saat itu program diploma disiapkan untuk menjadi guru yang siap pakai dan siap dikirim ke seluruh wilayah Indonesia, tetapi hingga aku lulus 1991 tidak ada penempatan untuk program D3. Tahun 1991 aku lulus IKIP Negeri Malang (Sekarang Universitas Negeri Malang/UM) dengan IPK 2,46. Tahun 1991 semester genap aku melanjutkan program S1 dan lulus 1995 dengan IPK 3,36. Waktu kuliah di jurusan sejarah IKIP Malang prestasiku biasa saja bahkan terkesan menurun jika dibandingkan ketika aku di SD atau di SMA, tapi tak apalah.

Tahun 1993 sampai dengan 1997 aku menjadi guru honorer di almamaterku SMA Negeri Gedeg sambil melanjutkan pendidikan di IKIP Negeri Malang. Tahun 1997 aku diterima menjadi CPNS setelah 4 kali mengikuti ujian seleksi CPNS dan ditempatkan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto hingga saat ini. Prestasiku ketika menjadi guru, antara lain:
1. Juara 3 Lomba Karya Tulis Ilmiah Guru se Jatim yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan    Tunas Bangsa dan Universitas Negeri Surabaya Maret 2008
2. Juara 1 seleksi Guru Berprestasi Tingkat Kota Mojokerto tahun 2008
3. Bulan Oktober 2008 s.d. Agustus 2008 mengikuti sertifikasi Guru melalui jalur pendidikan di    Universitas Muhammadiyah Surakarta jurusan IPS.

Riwayat Keluarga

Aku menikah dengan mantan siswi SMA Negeri Gedeg anak asuhku tanggan 7 Nopember 2000 bernama Indah Nur Qomariyah, S.Ag yang lahir tanggal 13 Februari 1976. Aku dan istri tercintaku dikaruniai 2 orang anak, yaitu:
1. Muhammad Burhanuddin, lahir 11 Agustus 2001, saat ini duduk di kelas 2 SDN Pagerluyung I
2. Zahira Rahma Diniya, lahir 23 Juli 2005, saat ini mesih belum sekolah

Demikian sekilas riwayat hidupku, semoga bermanfaat, terima kasih.

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

Tidak ada komentar: